Cara Daftar QRIS untuk Semua Pelaku Usaha, Gini Caranya!

Kalau kamu punya bisnis, entah itu kedai kopi, warung makan, toko offline maupun online. Bisa manfaatkan pembayaran QRIS untuk mempermudah transaksi dari segala jenis pembayaran. Untuk daftar QRIS sangat mudah, karena kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung dan koneksi internet.

Sebagai standar kode QR nasional, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah transaksi. Dengan ini, semua transaksi yang masuk akan tercatat dengan detail, sehingga kamu lebih mudah mengelola keuangan sekaligus menganalisa penjualan. Selain itu, bisa meningkatkan citra bisnis di mata pelanggan dan memperkuat kepercayaan.

Apakah Daftar QRIS Harus Bayar?

TIDAK! Daftar QRIS tidak dipungut biaya sama sekali bagi semua kalangan, baik itu bisnis owner ataupun individu yang menawarkan jasa, seperti freelancer. Namun, kamu akan dikenai biaya administrasi atau MDR (Merchant Discount Rate) sebesar 0.3% – 0,7% dari nilai transaksi.

Cara Daftar QRIS

daftar qris
1. Pilih Penyedia Jasa Pembayaran (PJP)

Langkah pertama untuk daftar QRIS adalah memilih PJP yang sudah bekerja sama dengan Bank Indonesia. Pilihan yang tersedia cukup beragam, ada bank-bank populer seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri, maupun e-wallet seperti GoPay, DANA, OVO, hingga ShopeePay. Kamu bisa pilih PJP yang aman dan menawarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

2. Siapkan Dokumen Pelengkap Sebelum Mendaftar

Supaya verifikasi tidak terhambat, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap dari awal. Untuk sebagian dokumen ada yang berbeda tergantung PJP-nya, tapi umumnya yang harus disiapkan adalah KTP dan nomor rekening aktif.

  • Kartu Identitas (KTP) : Sebagai pemilik atau perwakilan usaha.
  • Informasi Usaha : Nama usaha, alamat lengkap, dan nomor kontak atau email yang bisa dihubungi.
  • Izin Usaha (jika ada) : Misalnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Nomor Rekening Bank : Rekening tujuan tempat dana dari transaksi QRIS akan dicairkan.
  • NPWP (opsional)
  • Foto Usaha/Toko (jika diminta)
3. Ajukkan Permohonan Pendaftaran QRIS

Setelah dokumen lengkap, kamu bisa mengajukan permohonan pendaftaran lewat PJP yang sudah kamu pilih. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan yaitu lewat online dan offline dengan datang langsung ke kantor cabang bank.

  • Online : Saat ini banyak PJP yang sudah menyediakan aplikasi khusus untuk daftar QRIS. Kamu hanya perlu mengisi formulir dan melampirkan dokumen yang diminta. Salah satunya QRIS BNI yang bisa kamu coba.
  • Oflline : Datanglah ke kantor cabang bank bersama dokumen yang sudah kamu siapkan. Kemudian, isi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas bank.
4. Proses Verifikasi dan Aktivasi
daftar qris

Setelah permohonanmu diajukan, PJP akan melakukan verifikasi data selama beberapa hari kerja. Jika permohonanmu disetujui, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan dan menerima barcode QRIS yang bisa dicetak. Setelah itu, pajang barcode tersebut di tempat usahamu agar pelanggan mudah memindai kodenya.

Tips Sukses agar Transaksi QRIS Lancar

daftar qris

Menggunakan QRIS sangat memudahkan UMKM atau individu yang menawarkan jasa. Namun, mungkin ada beberapa masalah kecil ketika pelanggan membayar, tapi jangan panik! Ikuti tips di bawah ini supaya proses transaksi QRIS berjalan lancar.

  1. Pastikan jaringan internet di toko stabil, karena QRIS membutuhkan koneksi internet saat proses pembayaran.
  2. Cetak atau tampilkan kode QRIS dengan jelas, jangan sampai fotonya buram atau rusak.
  3. QRIS sebaiknya dipasang di tempat yang terlihat jelas, agar pelanggan bisa langsung scan barcodenya.
  4. Selalu cek saldo yang masuk lewat aplikasi PJP setelah pelanggan membayar, untuk mencegah penipuan.
  5. Aktifkan notifikasi transaksi agar kamu tahu apakah uangnya sudah masuk.
  6. Rajin update aplikasi QRIS atau PJP supaya sistem tetap aman dan lancar.
  7. Sediakan alternatif pembayaran lain, misalnya tunai atau transfer uang untuk jaga-jaga kalau ada kendala teknis.
  8. Jika ada masalah transaksi, segera lihat history pembayaran yang tercatat dan bantu pembeli menghubungi CS QRIS.

Daftar QRIS memberikan banyak kemudahan bagi bisnis owner dan individu yang menawarkan jasa layanan. Cukup dengan satu barcode saja, maka semua jenis pembayaran bisa diterima dan hal ini membuat pelanggan merasa nyaman. Tentu saja, hal ini membawa manfaat besar bagi bisnismu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *