Kamu merasa kalau hidupmu cuma tentang kerja, kerja dan kerja? Di era digital sekarang yang serba cepat, work life balance jadi tantangan besar bagi masyarakat. Apalagi kalau pekerjaannya terus muncul lewat notifikasi whatsapp atau email.
Hal ini sering kali membuatmu stres sehingga tidak bisa istirahat dengan baik. Tapi, apalah daya karena kita membutuhkan uang, sehingga sering kali memaksakan tubuh dan pikiran untuk terus bekerja. Yuk, kita bahas kenapa keseimbangan antara kerja dan istirahat itu penting dan gimana cara mencapainya.
Kenapa Work Life Balance Penting?
![work life balance](https://autoconvert.co.id/wp-content/uploads/2024/12/3067.jpg)
Work life balance itu penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisikmu. Jika kamu terlalu fokus bekerja tanpa mengambil jeda untuk istirahat, maka kamu akan mudah stres. Kebalikannya, kalau kebanyakan santai, kamu malah jadi tidak produktif.
Cara Mencapai Work Life Balance Tanpa Mengganggu Produktivitas
![work life balance](https://autoconvert.co.id/wp-content/uploads/2024/12/2149275806.jpg)
1. Tetapkan Batas Waktu Kerja
Kamu harus tegas soal jam kerja, tentukan jam mulai dan selesai bekerja, lalu kamu harus mematuhinya. Jika jam kerja sudah selesai, jauhi semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan seperti dokumen, laptop dan tidak membuka chat dari perusahaan.
2. Belajar untuk Bilang “TIDAK”
Kamu jangan selalu bilang “YA” ke semua tugas diluar jobdesc atau permintaan dari rekan kerjamu. Kalau beban kerja sudah terlalu banyak, kamu bisa bilang “TIDAK” dengan sopan. Ingat, kamu itu adalah manusia dan bukannya robot yang kerja 24 jam!
3. Manfaatkan Teknologi Untuk Meningkatkan Produktivitas
Teknologi itu seperti pedang bermata dua. Jika dimanfaatkan dengan baik, kamu bisa lebih produktif. Kamu bisa gunakan aplikasi manajemen waktu seperti Trello atau Google Calender untuk mengatur jadwal kerja. Tapi jangan sampai kamu terlalu bergantung pada teknologi sehingga mengurangi kreatifitasmu.
4. Luangkan Waktu untuk Me-Time
![work life balance](https://autoconvert.co.id/wp-content/uploads/2024/12/2147911471.jpg)
Me-Time itu wajib sekali! Bisa lakukan hal-hal yang kamu sukai seperti membaca buku, menonton film/drama, olahraga, nongkrong bareng teman. Me-Time bisa membuatmu lebih bahagia dan membantu otakmu tetap fresh.
5. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental
Tidur yang cukup, pola makan yang sehat dan olahraga rutin adalah kunci penting untuk work life balance. Kalau badanmu sehat, kamu bisa lebih produktif dan fokus pada pekerjaanmu. Jadi jagalah kesehatatnmu demi kebaikanmu sendiri.
Baca juga : 5 Pekerjaan yang Paling Banyak Diminati Generasi Milenial
Percayalah, work life balance itu harus kamu terapkan dalam hidupmu karena hasilnya sepadan. Kamu akan merasa tenang, bahagia, sehat dan tetap produktif. Jadi mulai sekarang, terapkan semua tips-tips ini dan lakukan secara rutin.