Di era belanja online ini, senjata jitu bagi konten kreator dan pembisnis kecil untuk berjualan di TikTok adalah dengan memanfaatkan berbagai fitur TikTok shop. Hal ini bisa membantu produkmu lebih mudah ditemukan dan membuat proses belanja lebih interaktif serta meningkatkan konversi penjualan.
Dengan jutaan pengguna yang aktif setiap harinya, kamu bisa memanfaatkan traffic yang tinggi untuk menarik calon pembeli. Mulai dari membuat konten interaktif yang informatif atau menghibur, hingga melakukan live streaming untuk melakukan penjualan secara langsung. Dengan memaksimalkan fitur-fitur ini, maka penjualanmu bisa melejit!
Maksimalkan Fitur TikTok Shop di Bawah Ini!

TikTok Shop menggabungkan konten kreatif dengan e-commerce dalam satu ekosistem. Daripada mengalihkan followers ke marketplace lain, mereka bisa langsung berbelanja di aplikasi TikTok. Untuk meningkatkan pembelian dan menjaga loyalitas pelanggan, kamu bisa memanfaatkan fitur TikTok Shop di bawah ini :
1. Tandai Produk di Video
Salah satu keunggulan TikTok adalah penandaan produk pada video yang dibuat oleh konten kreator. Mereka bisa menautkan produk yang ingin dipromosikan secara langsung, sehingga penonton bisa mengetuk keranjang kuning dan mengetahui harga serta detail produk tanpa meninggalkan video. Cara ini terlihat natural, seolah-olah kamu sedang berbagi rekomendasi, bukan melakukan iklan!
2. Etalase Produk di Profil
Manfaatkan fitur ini dengan baik karena semua produk yang terdaftar akan terpampang rapi lengkap dengan foto, harga, serta deskripsi singkat. Pastikan mengatur etalase berdasarkan kategori produk atau produk best seller yang memudahkan calon pembeli. Hal ini bisa meningkatkan peluang untuk klik dan beli.
3. Fitur TikTok Shop Live Shopping Interaktif

Manfaatkan fitur live streaming yang telah disediakan oleh TikTok untuk berjualan secara langsung pada calon pembeli. Pada sesi live ini, kamu bisa menjawab pertanyaan dari penonton dan memberikan diskon dengan waktu terbatas. Selain itu, kamu juga bisa mendorong interaksi aktif seperti gift atau tap love sehingga algoritma TikTok akan menaikkan visibilitas streaming-mu.
4. Kupon dan Diskon Khusus
Jangan lewatkan fitur ini untuk memikat pembeli baru dan mempertahankan loyalitas pembeli lama. Kamu bisa mengatur kode diskon special untuk followers atau mengadakan program flash sale singkat. Tampilkan kupon pada bagian deskripsi dan video supaya penonton tahu keuntungan yang didapatkan ketika belanja. Dengan diskon eksklusif ini maka akan meningkatkan urgensi untuk membeli.
5. Optimasi Deskripsi dan Hastag
Lakukan riset untuk mencari keyword yang berkaitan dengan produk yang ingin dijual, kemudian masukan keyword itu pada deskripsi produk hingga caption dan hastag pada video yang ingin di-upload. Hal ini akan membantu algoritma TikTok untuk memunculkan konten dan produkmu pada pengguna yang mencari topik tersebut. Selain itu, kamu bisa menambahkan hastag #FlashSale agar memperluas jangkauan pengguna.
6. Gunakan Analytic dan Insight
Fitur TikTok Shop ini menyediakan dashboard insight yang memuat data penayangan, konversi dan klik tag. Dengan melakukan pemantauan secara rutin, kamu bisa memahami produk mana yang paling diminati, demografi pembeli, hingga jam aktif audience. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan konten, waktu posting, hingga strategi penjualan yang optimal.
7. Kolaborasi dengan Kreator Lain

Selain fitur TikTok Shop di atas, kamu bisa bermitra dengan konten kreator TikTok yang relevan dengan produkmu untuk memaksimalkan penjualan. Kamu bisa membayar komisi lewat program afiliasi dan konten kreator akan menandai produkmu ke dalam konten mereka. Hal ini terasa lebih otentik dan audiens dari konten kreator tersebut akan membeli produk yang dipromosikan karena kepercayaan mereka.
TikTok menawarkan ekosistem yang lengkap sehingga penggunanya bisa memasarkan produk dengan cara yang mudah dan efektif. Semua fitur TikTok Shop ini jika dimanfaatkan dengan baik, maka akan meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, eksplorasi semua fitur dan ciptakan strategi pemasaran untuk menjual produkmu!